Cari Blog Ini

Rabu, 20 Agustus 2014

It's Digilib



It’s Digilib, inilah Digilib sebuah teknologi yang disediakan di kampus saya Universitas Muhammadiyah Malang. Paradigma baru tentang perpustakaan yang di dalamnya terdapat teknologi informasi dan komunikasi (information and Communication Tecnologi) mulai merambah perkembangan perpustakaan UMM. Perpustakaan UMM mulai melakukan restrukturisasi, revitalisasi dan reorganisasi sehingga pada pertengahan 2002 UPT. Perpustakaan & Informasi mulai meningkatkan mutu layanan dengan menerapkan sistem perpustakaan terotomasi dengan sofware LASer (library Automation Services)  yang dibuat dan dikembangkan oleh Muhammadiyah Digital Library Research Group (MDLRG) UMM. Digilib adalah sistem digitalisasi perpustakaan dilengkapi dengan sistem pencatatan dan database buku dan anggota yang lengkap dan terstruktur sehingga memudahkan pengunjung untuk mengakses baik secara online maupun offline.
Repository adalah kumpulan paket-paket, baik berupa software, ebook atau data digital lainya yang siap untuk diambil dan digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Repository ada yang bersifat offline dan juga ada yang bersifat online. E-Journal adalah publikasi dalam format elektronik dan mempunyai ISSN (International Standard Serial Number). Isi e-journal biasanya berupa artikel ilmiah (hasil penelitian atau bukan penelitian) dengan format HTML atau PDF.
E-Prints adalah platform paling fleksible untuk membangun high quality, high value basis data, diakui sebagai cara termudah dan tercepat untuk menyusun basis data literatur, scientific data, student theses, project reports, multimedia artefacts, teaching materials, scholarly collections, digitised records, exhibitions dan performances. Baik Digilib, repository maupun e-journal atau Eprints memiliki satu kesamaan, yaitu wadah penyedia referensi pengguna yang bersifat akademik dan ilmiah. Adanya digilib, repository dan e-journal memudahkan mahasiswa sebagai pencarian data rujukan untuk tugas ilmiah yang sedang dihadapinya.
Program ini bertujuan untuk Menjadikan  Universitas terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEK) serta keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ) dalam upaya menegakkan wacana keilmuan dan kislaman. Serta menjadi fasilitator utama Universitas Muhammadiyah Malang dalam pelestarian, pengaksesan dan pemberdayaan informasi guna menunjang kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan:
* Menyediakan sarana sumber-sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi, sosial dan seni bagi sivitas akademika
* Menyediakan sarana sumber-sumber kajian keislaman dan kemuhammadiyahaan
* Memberi layanan informasi keilmuan yang dapat memperluas kegiatan belajar-mengajar dan penelitian.
* Mengembangkan upaya pemberdayaan informasi yang telah dimiliki perpustakaan untuk civitas akademika, alumni dan masyarakat dalam kaitannya dengan konsep belajar seumur hidup
* Pembangunan jaringan informasi pada perguruan tinggi baik ditingkat nasional maupun internasional
* Pengembangan system perpustakaan digital dalam rangka mengelola dan melestarikan informasi ilmu pengetahuan
Dalam memberikan informasi yang lebih, maka Digital Library Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Indonesian Digital Library (IDLN) yang didalamnya tergabung berbagai institusi baik pendidikan, pemerintah dan swasta. Adapun situs DIGILIB UMM yaitu http://digilib.umm.ac.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar