Cari Blog Ini

Rabu, 20 Agustus 2014

Universitas Muhammadiyah Malang




Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. Pada awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Malang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tang-gal 19 Juni 1963.
Pada waktu itu, Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai 3 (tiga) fakultas, yaitu (1) Fakultas Ekonomi, (2) Fakultas Hukum, dan (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Agama. Ketiga fakultas ini mendapat status Terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 1966 dengan Surat Keputusan Nomor 68/B-Swt/p/1966 tertanggal 30 Desember 1966.
Pada tanggal 1 Juli 1968 Universitas Muhammadiyah Malang resmi menjadi universitas yang berdiri sendiri (terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta), yang penyelenggaraannya berada di tangan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang, dengan Akte Notaris R. Sudiono, No. 2 tertanggal 1 Juli 1968. Pada perkembangan berikutnya akte ini kemudian diperbaharui dengan Akte Notaris G. Kamarudzaman No. 7 Tanggal 6 Juni 1975, dan diperbaharui lagi dengan Akte Notaris Kumalasari, S.H. No. 026 tanggal 24 November 1988 dan didaftar pada Pengadilan Malang Negeri No. 88/PP/YYS/ XI/ 1988 tanggal 28 November 1988.
 Pada tahun 1968, Universitas Muhammadiyah Malang menambah fakultas baru, yaitu Fakultas Kesejahteraan Sosial yang merupakan fi‘lial dari Fakultas Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dengan demikian, pada saat itu Universitas Muhammadiyah Malang telah memiliki empat fakultas. Selain itu, FKIP Jurusan Pendidikan Agama mendaftarkan diri sebagai Fakultas Agama yang berada dalam naungan Departemen Agama dengan nama Fakultas Tarbiyah.
Pada tahun 1970 Fakultas Tarbiyah ini mendapatkan status yang sama dengan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (IAIN), dengan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 50 Tahun 1970. Pada tahun ini pula Fakultas Kesejahteraan Sosial mengubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Sosial dengan Jurusan Kesejahteraan Sosial. Kemudian pada tahun 1975 Fakultas ini resmi berdiri sendiri (terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta) dengan Surat Keputusan Terdaftar Nomor 022 A/1/1975 tanggal 16 April 1975.
Fakultas yang kemudian ditambahkan adalah Fakultas Teknik, yaitu pada tahun 1977. Pada tahun 1980 dibuka pula Fakultas Pertanian, kemudian menyusul Fakultas Peternakan. Antara tahun 1983 sampai dengan 1993, ditambahkan jurusan-jurusan baru dan ditingkatkan status jurusan-jurusan yang suudah ada. Yang terakhir, pada tahun 1993 Universitas Muhammadiyah Malang membuka Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen dan Magister Sosiologi Pedesaan
.Sampai tahun akademik 1994/1995 ini, Universitas Muhammadiyah Malang telah memiliki 9 fakultas dan 25 jurusan/program studi tingkat strata Si, dua program studi strata-S2, dan satu akademi /strata-D3 Keperawatan.
Pada rentang tiga puluh tahun perjalanan UMM ini (1964- 1994), perkembangan yang paling berarti dimulai pada tahun 1983-an. Sejak saat itu dan seterusnya UMM mencatat perkembangan yang sangat mengesankan, balk dalam bidang peningkatan status Jurusan, dalam pembenahan administrasi, penambahan sarana dan fasilitas kampus, maupun penambahan dan peningkatan kualitas tenaga pengelolanya (administrasi dan akademik).  Tahun 2009, UMM menggabungkan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan-Perikanan menjadi Fakultas Pertanian dan Peternakan agar sesuai dengan konsorsium Ilmu-ilmu Pertanian.
Dalam bidang sarana fisik dan fasilitas akademik, kini telah tersedia tiga buah kampus: Kampus I di Jalan Bandung No. 1, Kampus II di Jalan Bendungan Sutami No. 188a, dan Kampus III (Kampus Terpadu) di Jalan Raya Tlogo Mas. Dalam bidang peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga akademik, telah dilakukan (1) rekruitmen dosen-dosen muda yang berasal dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di pulau Jawa, (2) Peningkatan kualitas para dosen dengan mengirim mereka untuk studi lanjut (S2 dan S3) di dalam maupun di luar negeri.
Berkat perjuangan yang tidak mengenal berhenti ini, maka kini Universitas Muhammadiyah Malang sudah menjelma ke arah perguruan tinggi alternatif. Hal ini sudah diakui pula oleh Koordinator Kopertis Wilayah VII  yang pada pidato resminya pada wisuda sarjana Universitas Muhammadiyah Malang tanggal 11 Juli 1992, mengemukakan bahwa UMM tergolong perguruan tinggi yang besar dan berprospek untuk menjadi perguruan tinggi masa depan.
Dengan kondisi yang terus ditingkatkan, kini Universitas Muhammadiyah Malang dengan bangga tetapi rendah hati siap menyongsong masa depan, untuk ikut serta dalam tugas bersama "mencerdaskan kehidupan bangsa" dan "membangun manusia Indonesia seutuhnya" dalam menuju menjadi bangsa Indonesia yang bermartabat dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
Fasilitas apa saja yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang ini? Mari kita lihat sekilas. Di UNMUH (singkatan Universitas Muhammadiyah Malang) terdapat berbagai macam penunjang mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan keterampilannya antara lain:
Fasilitas Akademik
1. Ruang Kelas
Sarana utama untuk kegiatan perkuliahan adalah ruang kelas. Setiap program studi sudah diberi data ruang kelas sesuai dengan jumlah mahasiswa, walaupun masih ada ruang kelas yang digunakan secara bersama baik dalam fakultas maupun antar fakultas.
Ada beberapa jenis ruang kuliah yaitu : ruang kelas biasa, ruang kelas multimedia maupun ruang kelas multimedia yang eksklusif. Fasilitas yang tersedia dalam ruang kelas multimedia adalah perangkat computer, LCD Projector dan peralatan audio. Beberapa ruang kelas multimedia sudah terkoneksi internet baik melalui kabel maupun akses hotspot.
Ruang perkuliahan tidak hanya terdapat pada gedung-gedung perkuliahan, namun juga terdapat di tempat lain seperti masjid, perpustakaan, laboratorium bahkan di taman-taman di sekitar kampus. Adanya fasilitas hotspot memudahkan proses pembelajaran melalui e-learning sehingga perkuliahan tidak selamanya dilakukan di ruang-ruang kelas.
2. Laboratorium.
Ada beberapa laboratorium di Universitas Muhammadiyah Malang yaitu Laboratorium Fakultas Pertanian, Psikologi, Ekonomi, Teknik, Hukum, FISIP, Fapetrik, Kesehatan, FKIP, FAI
3. Perpustakaan
UMM memiliki empat perpustakaan besar dengan ukuran total 5.586,72 M2.  Perpustakaan Pusat terletak di Kampus III. Perpustakaan ini terdiri dari tiga lantai dengan ukuran 4,690 M2. Perpustakaan Masjid AR Fachruddin terletak di Masjid AR Fachruddin Kampus (Kampus III) dengan ukuran 134,32 M2. Perpustakaan Kampus II terletak di Kampus II (Jl. Bendungan Sutami 188) dengan ukuran 750 M2.  Perpustakaan Pascasarjana terletak di Kampus I (Jl. Bandung No 1) dengan ukuran 120,4 M2. Selain itu, terdapat, masing-masing ukuran 64 M2.
Perpustakaan Pusat UMM telah dikelola dengan sistem digital library (digilib) yang terkoneksi dengan beberapa perpustakaan, baik perustakaan di dalam maupun luar negeri.Untuk Wilayah Jawa Timur baru ada dua perpustakaan yang sudah mengembangkan digital library, salah satu diantaranya adalah Universitas Muhammadiyah Malang. Perpustakaan Pusat memiliki koleksi yang terdiri atas buku, koleksi majalah dan jurnal koran, CD installer, CD e-book, dan kaset.
4. Komputer dan TIK
Untuk menunjang system pembelajaran modern, UMM menyediakan fasilitas komputer dan layanan ICT bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan. Penyediaan fasilitas ini dikendalikan oleh Lembaga Informasi dan Komunikasi (Infokom) UMM.
Beberapa layanan ICT yang telah ada bagi mahasiswa adalah : KSR online, digital library, e-learning, email, blog dan website, browsing, akses free hotspot, dan lain-lain. Beberapa sistem informasi manajemen sudah dikembangkan untuk meningkatkan kinerja, yaitu antara lain : manajemen administrasi akademik, manajemen kepegawaian, manajemen penelitian, manajemen keuangan, dan lain-lain.
Sistem koneksi yang tersedia adalah internet, intranet, dan hotspot. Pada saat ini UMM menggunakan bandwidth 10 Mbps dari provider indosat.
Fasilitas Non Akademik


Student Centre (SC) merupakan pusat kegiatan mahasiswa. UMM memberi kebebasan yang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk melakukan aktifitas dalam bidang organisasi, minat bakat dan penalaran.
Gedung ini didirikan di kompleks perkantoran Pembantu Rektor III yaitu terdiri dari 4 lantai. Lantai 1 digunakan sebagai kantor administrasi kemahasiswaan, sedangkan lantai 2 sampai 4 digunakan untuk perkantoran mahasiswa. Beberapa kantor yang ada antara lain kantor BEM, Senat mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Selain itu juga disediakan ruang sidang, musholla dan arena.
Keberadaan Student Centre ini sangat penting karena menunjang kemajuan mahasiswa khususnya pada aspek non akademik seperti keorganisasian, minat bakat, penalaran dan kegiatan penunjang lain. Sentralisasi perkantoran mahasiswa
memudahkan pengelolaan dan pengendalian yang sekaligus dapat meningkatkan hubungan antar mahasiswa dari fakultas yang berbeda. Selain  itu adanya SC diharapkan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa baik prestasi akademik maupun non akademik.
2. Poliklinik
3. Asrama Mahasiswa
Asrama bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. Untuk itu, UMM menjalin kerjasama dengan Kementerian Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Republik Indonesia telah membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). Proses pembangunan Rusunawa dimulai pada bulan Maret 2008 dan berakhir bulan Desember 2008.
 Rusunawa UMM dibangun di atas lahan seluas 4.000 meter persegi yang terletak di sebelah utara kompleks Kampus III UMM. Bangunan dibuat 2 blok (yaitu Blok A dan Blok B) yang masing-masing berukuran 38 x 22 M. Blok A berkapasitas 240 orang dan Blok B dengan kapasitas 192 orang. Masing-masing blok terdiri dari 2 bangunan berlantai 4. Tempat hunian mahasiswa ditempatkan pada lantai 2 sampai dengan 4. Untuk lantai 1 dimanfaatkan sebagai tempat fasilitas umum.
Kamar hunian berukuran 5,2 x 4,2 M dengan kamar mandi dalam. Kapasitas tiap kamar di Blok A adalah 4 orang, sedangkan tiap kamar di Blok B mampu menampung 3 orang. Fasilitas kamar terdiri dari tempat tidur, almari pakaian, dan meja-kursi belajar. Fasilitas lain di luar kamar antara lain: dapur, sarana peribadatan, hall, tempat parkir, taman, internet, dan lain-lain.
Fasilitas Penunjang
1.  Kampus

2. Gedung perkantoran
3. Balai dan Aula
4. Kendaraan
5. Plasa Internet (hotspot dan warnet)
6. Komunikasi
7. PLMTH
Sungai Brantas yang mengalir melintasi kompleks kampus III UMM sebagian diamanfaatkan untuk irigasi yang mengairi sawah-sawah di daerah Tegalgondo dan sekitarnya, dengan pintu air di Dam Sengkaling.  Secara rutin, saluran irigasi berupa parit berukuran sekitar 1 seperempat M ini mensuplai air dari sungai Brantas, menembus daerah-daerah sekitar kampus.
Dari parit irigasi kecil, sebagian ada yang megalir ke lahan kampus UMM, yaitu di kompleks Experimental Farm Fak. Peternakan dan Perikanan.  Bermula dari aliran air yang melalui saluran irigasi inilah, air dipinjam sementara untuk membangkitkan turbin penghasil tenaga listrik di PLTMH Sengkaling-I yang terletak di Agrokompleks Universitas Muhammadiyah Malang. UMM menjadi satu-satunya perguruan tinggi pionir tentang penerapan PLTMH secara mandiri yang pada gilirannya akan menghemat daya listrik secara nasional, bahkan dunia.
8. Lahan Parkir
Fasilitas Publik
  1. Masjid

Masjid AR Fachruddin dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan oleh President B.J. habibie (Presiden ke tiga RI) in tahun 1998. Masjid terdiri dari 5 lantai yang digunakan tidak hanya sebagai tempat peribadatan, tetapi juga untuk perkuliahan dan ruangan-ruangan kantor.
 Letak masjid berada di sisi Jl. Raya Tlogomas, jalan akses ke Batu. Bangunan masjid dibangun dengan arsitektur modern yang sangat eksotik. Karena letaknya yang strategis, Masjid AR Fachrudin sering digunakan sebagai salah satu tujuan wisata.
Tempat peribadatan berada dilantai 3 sampai lantai 5. lantai 2 digunakan untuk perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium Psikologi, tempat wudhu’ dan aula. Lantai 1 digunakan untuk perkantoran, bank, kantin, Kopkar, ATM, dan laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM dan beberapa kantor pusat studi.
 Masjid AR Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang memiliki arah kiblat yang sudah tepat (shahih) dan telah dibuktikan oleh CASA (Club Astronomi Santri Assalaam). Masjid ini digunakan sebagai pusat dakwah Muhammadiyah dan pusat kegiatan keislaman bagi seluruh sivitas akademika maupun masyarakat umum.
2. Hotel

UMM Inn adalah hotel pendidikan pertama di Malang. Hotel ini berada 3 mil dari pusat kota Malang dan dekat dengan Kota Batu. Hotel ini juga merupakan tempat sempurna untuk pertemuan, konferensi, dan seminar sekaligus menyediakan pelayanan yang mudah yang bagi kebutuhan berbagai tema pesta yang sesuai dengan kebutuhan.
3. Pusat Kesehatan
UMM Medical Center memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum dengan model pendekatan dokter keluarga. Dalam hal ini pelayanan kesehatan akan diberikan secara menyeluruh, berkesinambungan dan biaya yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mengutamakan mutu pelayanan kesehatan yang maksimal.
4. Penerbitan UMM
Tahun 1990 dibentuk lembaga di Universitas Muhammadiyah Malang yang bernama PUSAT PENERBITAN di bawah koordinasi Pembantu Rektor III. Karena UMM waktu dulu terkenal punya Koran Kampus BESTARI maka lembaga ini  sering dianalogikan dengan pengelola BESTARI.
5. Toko buku
6. Bengkel sepeda motor
7. Rumah sakit
Rumah Sakit Pendidikan (Teaching Hospital) Universitas Muhammadiyah Malang akan dibangun di atas tanah ukuran 32.834 m2. Lokasi pembangunan rumah sakit adalah di desa Landungsari, tepatnya di sebelah timur terminal Ladungsari. Pada saat ini (Juli 2009) pembangunan sudah dimulai pada tahap pondasi dan penataan awal.
8. Mall
Dalam waktu dekat UMM akan segera membangun pusat perbelanjaan kampus, yaitu mall. Lokasi pembangunan mall adalah di sebelah Barat Masjid AR. Fachruddin, berdampingan dengan rencana lokasi SPBU UMM.
9. SPBU
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) UMM akan dibangun di sebelah Barat Masjid AR. Fachruddin, tepatnya di sebelah kiri pintu keluar Barat kampus III UMM. Pendirian SPBU ini merupakan salah satu upaya UMM dalam mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa. Saat ini SPBU dalam masa tahap akhir pembangunan.
10. Kafetaria
11. Pusat Souvenir
12. Toko
Fasilitas Rekreatif
Tidak hanya fasilitas yang disebutkan diatas, Universitas Muhammadiyah Malang juga menydiakan beberapa sarana rekreatif bagi mahasiswa yaitu:
1. Stadion
2. UMM Dome

3. Lapangan Basket
4. Lapangan Volley
. Lapangan Futsal
6. Lapangan Bulutangkis
7. Tenis Meja
8. Panjat Tebing
9. Kolam Kano
Selain itu UNMUH juga telah bekerja sama dengan banyak pihak untuk menunjang prestasi mahasiswanya dengan jalur beasiswa dengan pihak asing antara lain Erasmus Mundus, ACICIS, Peace Corps Amerika, BGP Engineering Belanda, AMINEF, AIESEC, EESTEC, USAID, AUSAID, American Corner, Iran Corner, dan lain-lain. Sekian penjabaran saya mengenai Universitas Muhammadiyah Malang, mohon maaf bila ada informasi yang kurang tepat atau kurang pas di hati pembaca J.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar