Cari Blog Ini

Selasa, 26 Agustus 2014

Pantai Banyuwangi

Pantai Grajagan
Pantai Grajagan
 beberapa waktu yang lalu aku dan keluarga pergi ke pantai Pulau Merah dan Grajagan waktu liburan tahun lalu, wuah pantainya bener-bener bagus. Cocok banget buat mereka yang suka melancong ke tempat tempat berbau alam.Pertama mari kita bahas pantai Grajagan terlebih dahulu hehe. Kemarin waktu libur akhir tahun aku liburan ke rumah kakek di Banyuwangi, tepatnya di Desa Siliragung , nggak jauh dari desa tempatku kita bisa pergi ke pantai-pantai yang menawan di sana. Salah satunya adalah Pantai Grajagan. Pantainya bersih dengan pasir hitam yang lembut di kaki. Kalau kita malas berpanas panas di pinggir laut
bisa lho menunggu di parkiran karena parkiran di Pantai Grajagan ini tepat berada di pinggir pantai dan dipenuhi pepohonan dengan angin yang semilir bisa membuat kita santai banget. Semakin jauh di pantai ini kita bisa menikmati hamparan batu karang yang menghiasi di sepanjang pantai sampai jauh dan kita juga bisa memancing di batu karang ini karena ombak sudah terpecah sebelum sampai di pantai jadi untuk bermain di karang bisa dibilang cukup aman lho. apalagi di momen-momen tertentu kita bisa menyaksikan sedikit ombak yang lepas menampar di batu karang. Nggak nyesel deh pokoknya di sini bagus banget. ada juga gua kecil di ujung pantai yang cocok banget untuk dijadikan tempat berfoto. Pantai ini letaknya  kira-kira 53 km ke arah selatan dari Banyuwangi
Pantai Grajagan
 Nggak rugi deh pokoknya kalo mau ke pantai ini.

Pantai Grajagan
 Selanjutnya kita ke Pantai Pulau merah :D


 Di Pantai Pulau merah ini pantainya masih bersih, di pantai ini jangan nyari sampah ya karena yang ada cuma kulit kerang. Kebayang kan bersihnya? dan pantai ini relatif sepi dari pengunjung,padahal waktu itu lagi liburan akhir tahun bulan desember. Jadi tidak perlu khawatir kalo nanti kalian ke sana bakalan penuh dengan pengunjung sampai nggak bisa nikmatin serunya pergi ke pantai.


 Pantai Pulau Merah ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Dari tempat kakekku hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja untuk mencapai lokasi pantai. Maklum rumah kakekku ini di desa jadi dekat dengan berbagai macam pantai yang ada di sana. Tapi jika kalian menempuh perjalan dari kota banyuwanginya kalian harus masuk dulu ke desa dengan menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam untuk mencapai pantai. Belum lagi perlu diingat bahwa di lokasi pantai ini jarang yang menyewakan tempat penginapan. Ada si tapi hanya sebatas rumah-rumah penduduk yang menyewakan kamar itupun di kawasan Pulau Merah, tapi kalau di Grajagan saya tidak ingat ada tempat seperti itu. Tapi bisa jadi juga sekarang sudah ada :D. Jadi untuk berjaga-jaga jika kalian ingin ke sana sebaiknya sudah menyiapkan tempat menginap di kota agar tidak bingung setelah malam menjemput aaiaiaiaii ~~:D.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah
Mari kita bahas lagi bagian Pantai Pulau Merah, di sana pantainya sangat landai dengan pasir yang masih putih bersih dan air yang jernih. Mengapa dinamakan Pulau Merah? Karena tepat saat kita masuk di area pantai (dibilang masuk karena sebelum pantai ada barisan tanaman pandan besar yang mengelilingi area pantai :D)  tepat di sebelah kiri kamu bisa melihat sebuah Pulau kecil dengan pasirnya berwarna "merah" yang berada tidak jauh di tengah laut. Lucu banget, pulaunya nggak seberapa besar dan nggak jauh juga dari pantai tapi jangan coba-coba nyebrang ke sana sendirian tanpa teman yaa karena di sekeliling pulau banyak batu karang dan ombanya lumayan besar jadi bisa bahaya kalo kalian nekat nyebrang sendirian ke sana. Tapi nggak perlu khawatir karena di sana udah ada penjaga pantai yang siap buat ngingetin kita kalo lagi ada makhluk-makhluk yang nekat mau menentang maut hehehe. Lagian di sana udah disiapin perahu kecil untuk nyebrang ke pulau atau buat kalian yang pingin singgah di pulaunya juga bisa, bayar ya tapi perahunya hehe ga gratis lo :P. Yang jelas bayarnya nggak semahal kalo mau naik banana boat di pantai pulau dewata kok hihihi.
Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Selain itu yang bikin makin menarik di Pulau merah ini pantainya bisa dipakai buat selancar juga loo widii ayo yang lagi belajar atau udah mumpuni di bidang selancar monggo dicoba dan dinilai sendiri kenikmatan berselancar di pantai ini :D , kalau saya pribadi si emang nggak pernah selancar yee jadi jangan nunggu pendapat dari ane gan hehe. Tapi jangan patah arang dulu buat yang ga bisa selancar macam aku :* karena di sana udah ada jasa buat pembimbing (elaaah :P) buat orang-orang yang minat untuk belajar selancar di pantai ini lengkap dengan papannya pula serta dengan biaya sewa per-jam-nya jadi ga perlu khawatir yaa. Apalagi dombak di pantai terbilang cukup besar sekitar 3-5 meter, walaupun pantai ini landai tapi tetap bisa kok dibuat surfing.Bahkan di sini banyak wisatawan asing, sampe pernah diadain lomba surfing internasional lo. Kalo ke sana trus bingung mau apa selain foto-foto bisa belajar selancar kok atau keliling pulau naik kapal nelayan.
Ow yaa ada juga yang bikin pantai ini semakin menarik, di waktu-waktu tertentu Umat hindu mempergunakan Pantai Pulau Merah ini sebagai tempat untuk upacara adat mereka. Nama upacaranya seingat aku Mekiyis ya (maaf kalo salah yak). Jika kalian beruntung bisa lo menyaksikan acara ini dari dekat :D.

Udah sekian dulu ya kali ini semoga membantu :D.






Pantai Grajagan

Pantai Grajagan




Pantai Grajagan
Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau merah 

Pantai Pulau merah 

Pantai pulau Merah 
Pantai pulau Merah

Pantai Pulau merah


Pantai Pulau merah

Pantai Pulau merah

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah 

Pantai Pulau merah

Pantai Pulau Merah




Pantai Pulau merah
 Lihat page mimin yang lain yah

1 komentar:

  1. Great pictures!After this, want my vacation now!!
    Want to invite you to join my new giveaway! http://aleksandraladygin.blogspot.de/

    BalasHapus